Jumat, 29 November 2013

TEKNIK PENGANGKATAN PEMINDAHAN SECARA MANUAL



TEKNIK PENGANGKATAN PEMINDAHAN SECARA MANUAL
Ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan bila mengangkat barang secara manual (tanpa alat bantu) yaitu:
o   Pengangkatan yang benar dan jangan keliru
o   Lengan dekat dengan badan
o   Tarik dagu
o   Belakang yang rata
o   Penempatan dan kekuatan kaki harus kuat dan mampu
Sebagai perbanding - perhatikan cara .mengangkat beban-beban berat dengan menggunakan.alat bantu. : Mengangkat baja pelàt akan áman dan selamat bila diikuti petunjuk .
Pada gambar diperlihatkan cara pengangkatan dengan menggunakan penunjang balok angkat dan kabel pengikatnya memakai pelapis.

Bekerja dengan posisi badan di luar garis berat  badan yang diangkat adalah. suatu tindakan yang aman dan selamat.  berarti menyadari keselamalan kerja

Bekerja dengan posisi di luar ganis berat beban Paling tidak orang yang ingin cidera atau orang yang ingin mengakhiri hidupnya bila menumpang pada baja pelat yang sedang diangkat atau digerak. Tindakan’ yang demikian adalah tindakan yang sama sekãli tidak dibenarkan.

Syarat-syarat Keselamatan Diri
Keselamatan din merupakan faktor utama. Dimanapun kita berada pada saat bekerja atau tidak .bêkerja harus senantiasa mengedepankan keselamatan diri. Kecelakaan harus kita hindari seperti tangan lecet, kaki berdarah. Apalagi kecelakaan besar (kematian) juga harus kita hindari dengan menggunakan alat pelindung diri “Tool Safety”. “Ke mana saja, jauh dekat , tetap. Klik” sebagaimana ajakan pemerinrah untuk .setiap insan memperhatikan keselamatan kerja.  Ketika kita mengendarai kendaraan bermotor, gunakan helmed untuk melindungi kepala dan benturan benda keras {jalan aspal benbatu) saat terjadi tabrakan atau jatuh sendiri, sedangkan untuk pengendara mobil agar menggunakan sabuk pengaman yang ada di jok tempat duduk, meskipun mobil kita sudah dilengkapi kantung udara (Air bag) di bagian roda kemudi.

Bermobil di jalan raya selain harus mematuhi peraturan lalu lintas, juga harus selalu kosentrasi . kosentrasi tinggi sangat diperlukan saat berada pada kecepatan tinggi. Pengendara yang lengah
Dalam 1/10 detik sering mengakibatkan kejadian yang patal yaitu kecelakaan.

Hilangnya kosentrasi sering terjadi akibat pengendara yang lelah atau ngantuk.  Tetapi biasa disebabkan oleh pergerakan yang tidak efisien atau perubahan sesuatu yang membutuhkan kosentrasi. Hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan apa alasanya bila hendak melakukan hal yang memerlukan kosentrasi sebaiknya berhenti terlebih dahulu.

pada posisi masuk. Sama halnya bila terjadl paad pedal kopling kecuali pengatur penyangga pinggang, ini tetap bisa diatur kapan saja Penyangga pinggang bisa mengurangi kelelahan berkendaraan dirancang dengan sistem pengoperasian sederhana.

Sebaiknya sebelum menjalankan mobil, coba terlebih dahulu segala sesuatunya. Posisi duduk perlu disesuaikan dengan tubuh pengendaranya. Atur senyaman mungkin demikian juga dengan posisi roda kemudi   dan sabuk pengaman. Pengendara sebaiknya baru mulai berjalan bila semuanya sudah terasa nyaman.
 
Mengatur posisi ataüpun kekencangan dari sabuk pengamaal dapat Menyebabkan kurangnya pegangan di roda kemudi. Perbaikan posisi sabuk pengailian pasti mempergunakan sátu tangan. Bila secara mendadak pun melakukan manuver sangatlah sulit dan cukup membahayakan. Roda kemudi yang dapat diatur tinggi rendahnya tepat pada posisi berjalan
Perubahan saat bergerak khususnya papa kecepatan tinggi sering menyebabkan mobil tidak terkendali. Pengaturan kaca spion harus diperhatikan. Mengubah arah. Kaca spion luar senang menyita konsentrasi dan waktu Lebih lega dengan tape penyetelan manual. Pengendara pada saat tersebut akan terpaku ke kaca spion Pada saat itu perhatian ke bagian depan sangat kuräng. Pada waktu memindahkan gelombang radio secara manual sebenarnya memerlukan konsentrasi lumayan Alangkah baiknya bila sebelum bergerak pastikan gelombang radio yang diinginkan Tetapi untuk system audio yang  dikendalikan dari jarak Jãuh atau dengan tombçl sentuh, perubahn gelombang jelas tadak akan menyita waktu.

Berkomunikasi dengan telepón mobil saat menyetir sebetulnya sangat tadak disarankan Mengoperasilcan pesawat telepon butuh waktu dan konsentrasa lebib lega sebelah tangan pun memegang hand free {Jntuk amannya, pergunakan telepon dengan perangkat hand free (Data  akan lebah nyaman dan tidak mengganggu konsentrasi. Hindari pengendara melakukan atau mengaktifkan untuk melakukan suatu panggilan telepon sebaiknya saat hanya siap untuk menerima panggilan Di Singapura pengendara yang melakukan hubungan telepon dengan hand phone atau dengan handset jelas dilarang Walaupun tetap akan melakukan hubungan sebaiknya lakukan panggilan dengan nomor yang tetap dimimori

Merokok saat pengemudi kadang kala memberikan keasyikan tersendiri Tetapi sebaiknya tidak-dilakukan Pembakaran rokok akan mengurangi kandungan oksagen diruang mobil bila mobil mempergunakan AC Bila terpaksa bukalah sedikit jedeIa agar terjadi pertukaran udara atau dengan membuka saluran ventilasi bagian depan. Tetapi walaupun demakiaai mereokok banyak mienyebabkan masalah Saat merokok dan api memercik ke tubuh akan membuat pengemudi sibuk Kosentrasi akan hilang dan mobil akan lepas kendali.
Pengaturan kaca spion elektris bisa dilakukan Tetapi lihat keadaan sekitar bila dirasa aman baru dilakukan. Untuk pengaturan secara manual hanya mungkin bila dilakukan dengan bantuan seorang penumpang ini pun hanya bisa dilakukan untuk satu kali saja tidak untuk kaca spion yang berada di sisi pengendara.

Perubahan sistem pengatur temperatur ruang bisa dilakukan langsung oleh pengendara. Dengan syarat, pengendara telah  hafal betul dengan. posisi tombol tombolnya. Bila pengendara baru pertama mengendarakan mobil tersebut, lakukan pengaturan dan penyetelan sebelum berangkat Cara seperti  seláin akan memberikan posisi dan knob penyetel sudut bantalan tempat duduk
Pengaturan posisi maju dan mundur akan menyebabkan hilangnya konsentrasi pengendara. Hilangnya tekanan di pedal gas akibat jok yang bergerak mundur akan memperlambat mobil. Cara ini akan membahayakan pengendara yang ada di belakang. Walaupun berhenti seperti di perempatan, jangan melakukan hal seperti di atas. Kehilangan tekanan  di pedal kopling memungkinkan mobil meloncat bila persneling

kenyamanan yang Iebih baik, juga sempat memperhatikan tombol knob yang ada disekitarnya. Sut berada pada kecepatan tinggi dan berkendaraan Iebih dari orang, untuk ‘melakukan sesuatu sebaiknya tidak dilakukan pengendara. Bila dirasa sangat diperlukan perhatikan kondisi lalu lintas sakitar Tapi mengatur tempat duduk tetap sangat tidak, disarankan bila sedang berada di jalan. Walaupun di jalan dengan kondisi diam seperti saat macet dan dipersimpangan.

Dalam perjalanan jauh pengendara pun mengubah pôsisi duduk. Untuk itu parkirlah mobil didaerah aman dan baru lakukan pengaturan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar