Jumat, 29 November 2013

ALAT ALAT TANGAN (HAND TOOLS)




     1. Kunci
         a. Kunci pan (Open End Wrench)
Kunci pas terbuat dan baja -páduan. Unsur logam tersebut, yaitu vanadium, cromium, wolfram dan nikel. Kunci pas terbuat dan bahan tensil tinggi, kunci jul mempunyai tangkai (shank) dengan kepala di masing-rnasing V ujung. Kepala terdiri dan rahangrahang yang rata. Kunci pas digunakan untuk melepas mur dan baut dan merupakan kunci yang paling mudah dan paling enak digunakan- karena tidak ada yang mënghalaiigi pergerakan kepalanya.. Kunci jenis mi mudah dimasukkan dan dilepaskan ketika harus banyak melakukan putaran. Ukurannya yang beredar di pasaran dan ukuran 6 mm, 7 mm,8mm samapai 34mm
                                                   

                                                       Gambar 1 Bentuk Kunci Pas

b. Kuncipas ring (CombinatlánWrench) -
Bahan baku kunci pas ring sihà dengan bahan bIi hanya bentuknya. Pada kunci satu ujung pas, yang lain berbentuk ring (cincin). Kunci ini sangat fleksibel, jika kunci pas, tidak bias digunakan sehingga alternatif digunakan kunci ring.
 
 c.   Kunci Inggris (Wrench) / (Adjustaffle Spanner)
Kunci Inggris adalah kunci yang digunakan umum. Rahangnya dapat diatur untuk disesuaikan dengan berbagai ukuran mur. Kunci Inggris dituat dan. bahan campuran baja berkualitas tinggi. demi mendapatkan kekuatan dan keandalannya.
 
 d.  Kunci Ring (Double Box Wrench)
Kunci ring dibuat dari bahan baja tensil tinggi, dengan cincin yang mempunyai banyak titik disetiap ujungnya. Kunci mi lebih kuat, dan lebib ringan, dan lebih merätakan cengkraman kepadaseluruh kepala baut. Kunci ring, seperti halnya kunci pas, mempunyai ukuran Icepala yang berbeda pada setiap ujungnya
 e.  Kunci Soket (Soket Wrench)
Kunci soket merupakan alat yang paling tepat. untuk melepas komponen dan kendaraan bermotor. Kunci mi akan pas dengan sebagian besar baut dan bagian kendaraan.
Soket adalah alat berbentuk silinder yang dibuat dati baja tensil tinggi yang dilapisi dengan nikel untuk memperbaiki penampilannya.
 
f.   Kunci L (Hex Key Wrench)
Karena berbentuk huruf L, kunci ml lazim di sebut kunci L. Kunci L digunakan untuk mclepas batit yang kepalabautñya berbentuk butat tetapi di dalamnya terdapat lubangan yang berbentuk segienam.
 
 g.   Kunci Moment (Torque Wrench)
Kuñci moment berfungsiuntuk mengeneaugkan baut dengan moment tertentu. Kelebihannya, jika momen pengencang baut tepat kunci akan menimbulkan suar “klik.” Besarai momen kunci moment dapat diatur.
 2.  Obeng
Obeng digunakan untuk melepas sekrup dari komponea-komponen kendaraan seperti lampu kepala, peinduag radiator, alan untuk melepas karburator.
 Jenis-jenis Obeng
Ada 2 jenis obeng yaltu:
- Obeng Stndar (-)
- Obeng Kembang (+)
 
 a.   Obeng Standar (oberig pipih/-)
Obeng standar mempunyai bilah pIpih. Digunakan untuk melepas pengikat (fastener) (seperti seicrup pengetap sendiri dan baut-baut kotak) mencungkil cetakan, badge, lis dan lain-lainnya. Obeng pendek (stubby) yang mempunyai batang pendek digunakan path area memerlukan gaya penuasan. Obeng pipih yang pendek biasanya digunakan untük menyetel karburator sepeda motor. Namun manfaat lainnya lebih banyak.
 
 b.  Obeng Kembang (+ / Philip)
Obeng ken’ibang mempunyai mata berbentuk bintang.. Digunakan untuk melepas sekrup kepala kembang yang banyak digunakan sebagai pengikat grill, lampu kepala, lampu belakang atau parkir path semua jenis kendaraan bermotor. Obdng jenis mi memungkinkan gaya puntir yang besar dan menghindarkan terjadinya eIip path kepala sekrup.. -
               
c.  Klasifikasj Model Obeng
Sécara utama obeng ada 2 jenis yaitu obeng + dan;. Jenis obeng tadi pada tahun-tahun ini dibentuk berbagai model yaitu model sambungan. Hal ini dibuat agar efektif dalam penggunaan dan tempatnya.
Adapun jenis -jenis obeng tersebut seperti:
1)  Obeng Ketok (impact driver)
Digunakan untuk melepas sekrup/bautnya yang. sangat sulit jik menggunakan tenaga tangan biasa, tetapi untuk menambah tenaga deng jalan diketok (dipukul) memakai palu (hammer),
2). Qbeng telescoping. Ujung obeng yang berbentuk +1- hanya sepanjaig ± 3 cm ujung tersebut dimasukkan ke tuas obeng yang berbentuk soket (mirip kunci sok). ‘1 uas obeng mi disebut Hexagon Nut Driver.
 
3.  Dongkrak
Dongkrak ialah alat untuk mengangkat beban supaya lebih ringan. Kemampuan mengangkat. beban untuk masing-masing tergantung jenis dongkrak. Macam- macam dongkrak bisa kita lihat gambar di bawah ini.
 
4.  Stand Pengaman (Jack Stand)
Stand pengaman digunakan bersama-sama dengan dongkrak kmtai untuk menyangga beban kendaran yang sedang dikerjakan. Stand ditenipatkançk bawth kcndaraan. Hal mi untuk mencegah kendaraan tergelincir (slip) dan dongkrak yang secara tidak sengaja kolaps, sehingga dapat meyebabkan kecckikair’t atan kerusakan yang lebih parah.
Stand pengaman terdiri clan landasan baja, tiang penyanggadngan bagian yang berulir untuk mengatur ketinggian dan satu dudukan yang rancang untuk pemasangan pada komponen casis
 
5.  Alat Pemotong (Cutter Tools)
Alat pemotong ialah peralatan teknik yang digunakan untuk memotong benda kerja. Alat pemotong sendiri bermacam-macam bentuknya tergantung dan bahan yang akan dipotong: pelat tipis atau pelat tebal. Contoh alat pemoton.g ialah pisau, gunting, gergaji, pemotong pipa, dan gerinda potong.
 

      a.  Gerinda potong
                 Aplikasi: memotong berbagai macam besi dan baja dengan cepat dan akurat
Keunggulan:
- Mesin didesain untuk aplikasi industri berat (beban berat dan waktu pemakaian yang lam).
- Mata gerinda mudah diganti
- Dudukan yang kokoh dengan pegangan yang dapat.diatur hingga 45°.
 
  b. Circular Saw
Aplikasi: memotong berbagai macam material (kayu, plastik, gipsum dan multiplex) dengan mudah dan aktwat.
Keunggulan:
- Arah mata gergji dapat diatur untuk membentuk sudut peniotong 45- 90 derajat.
- Mudah dan berakurasi yang tinggi.
Safety’-€Iutch untuk menghindani kecelakaan pemakai dan rneñgurangi resiko motor terbakar.
Mata gergaji terlindungi penuh oleh base plate, sehingga memberikan perlindungan maksimal.
 
c.   Plsau seni
Pisau seni adalah alat potong yang terdini dan tangki dan bilah bermata halus yang. dapat cliganti. Pisau seni digunakan untuk memotong dan membentuk pita hiasan saat melakukanpekerjaan penutupan untuk mendapatkan bentuk-bentuk daris dan pemotong bentuk profil.

       6. Mat Mengecat (Painting Tools)
Kegiatan mengecat merupakan inti untuk pengecatan padabodi kendaraan. Bodi kendaraan            yang terkena korosi (karat) harus dicat kembali. Korosi dibersihkan dahulu agar hasil pengecatannya lebih baik. Peralatán-peralatan yang dipedukan seperti kuas, penyemprot cat, pengikis, kompresor,. spray, selang, dan lain-lainnya.
                    

a.  Pengikis Cat
Pengikis cat digunakan untuk melepaskan bercak cat dan permukaan, dan .dapat digunakan untuk pembentukan garis cat air untuk melepas cat yang telah dilunakkan.
 
b.  PengikisBilahSilet
Jenis pengikis lain adalah pengikis bilah suet, disebut deniiician karena pengikis bilah suet juga dirancang unuk mengganti pekerjaan pembentukan garis. Alai mi untuk melepas dan menghilangkan cat.
 

c.   Sikat baja.
Sikat baja adalah alat pembersih digunakan untuk melepaskan bercak-bercäk karat, cat yang terbakar, bercak cat di permukaan bodi kendaraan. Gagang terbuat dan plastic, kawat sikat dan baja tensil tinggi.
 d.  Spray Gun (alat pèmbersih penyemprot)
Kebanyakan penyemprot cat dilengkapi dengan perangkat pembersih yang berupa kuas penyemprot, kunci pengatur, dan pistol udara.


1)  Air gun (alat pembersih) / pistol udara
Air gun adaiah alat..pembersih kotoran debu, maupun serbuk karat yang masih menempel pada bodi kendaraan. Pistol udara digunakan pekerjaan pembersihan dimana udara bertekanan diperlukan untuk meniup permukaan untuk membuang debu, air dan sisa-sisa pengampelasan. (lihat gambar 22).


2)  Kunci penyemprot (spray gun wrench)
Kunci penyernprot terbuat dan bahan campuran atau...baja, dirancang secara khusus agar cocok untuk setiap komponen alat pnyemprot yang akan. dilepas untuk dibersihkan.

3)  Kuas pényemprot (pembersih spray gun)
Kuas penyemprot mempunyai bulu-bulu yang kaku, tahan terhadap pelarut dan digunakan untuk melepas endapan cat dati seluruh komponen penyemprot cat. Sikat dengan bulu yang panjang dirancarig untuk membersihkan tempat-tempat yang sulit, seperti saluran-saiuran cairan pada badan alat penyernprot.

4)  Kuas cat
Bentuk-bentik kuas cat berbeda sesuai dengan kemungkinan tujuän dalam pekerjaan pengecatan. Kuas cat standar digunakan untuk pekerjan umum dalarn pengecatan, menghitamkan kembali roda, dan memberikan/ mengoleskan peredam dan petiyèkatbadan kendaraan.


5)  Pisau dan Pengoles Dempul
Pisau dan pengoles dempul digunakan oleh pekerja untuk ibengoleskan dempul atau mengisi kei usakan lapisan cat, seperti perbaikan panel dan kerusakan cat. Pisau dempul mempunyai bilah bgja yang lentur, diakan ttntuk melamur dempul pada area yang luas. Pengoles deinpul dibuat-dari bahan. plastik lentur, digunakan untuk membeiikan dempul. pada area yang kecil.


                   


                      

6)  Balok Penggosok
Balok penggosok penting untuk menggosok dempul, dua bungcus pengisi (filter jenis two pack) dan primer untuk meñjaga k&átaan permukaan dan digunakan untuk perbaikan sisi miring menjadi bentuk tirus yang halus. Dua jénis urama balokpenggosok, keras dan lembut.
                       - Balok penggosok keras
Balok penggosok keras tersedia dalam dua ukuran utama. Balok penggosok karet keras dirancang untuk menahan seperempat lembar kertas amplas.
- Balok penggosok lembut
Balok penggosok lembut menahan seperempat ukuran kertas axnplas, Balok cukup kuat dan lentur untuk menggosok permukaan yang rata maupun cembung.


                            



7.  Alat penekan (pemukul) / Hammer
Alat pemukul iaIah alat yang digunakan untuk meinukul paku, memulcul pelat, atau lainnya. Palu bisa ditinjau -dan bahan pembuatnya dibedakan seperti palu baja,palu plastik alu karet, dan palu kayn.

                 

8.  Alat peijepft(pencabut) I Tang I Piler
Tang adalahlat yang digunakan untuk penjepit kawat baja dengan jalan dipuntir Adapula tang yang digunakan untuk melepas ring (tang snap ring), perhatikan gambar 30 macam-macam tang (piler).Tang snapring untuk melepas ring-ring pengunëi atau ring piston, tang potong (cutting plier) untuk memotong kawat atau kabel-kabel, tang balance untuk menjepit logam panas dan memukul logam, tang spring untuk menekan pegas agar sempit panjangnya.


9.  Alat pelepas saringan oil mobil (Clamp)
Locking chain clamp’ ialah alát untuk melepas saningan oh. Modeinya seperti path gambar 31 Komponenutamanya dengan model rantai.







10.  Alat jugil ban (Tyre lever)
Alat jugil ban digunakan untuk
melepaskan ban mar dan pelek.
Alat ini digunakan oleh .‘juru tambal ban.

11.   Alat Pelepas Bantalan (Bearing)
Alat- ini digunakan untuk melepas
 bantalan, dengan mudah tanpa –
tidak merusak bantalan.





12.   Alat melepas katup dan memasang piston
Alat ini digunakan untuk melepas catup
(in take atau exhaunt) path mobil atau
kendaraan bermotor. (bensin/ diesel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar