Jumat, 29 November 2013

MACAM-MACAM ALAT KEBERSIHAN



Macam-macam alat kebersihan
    Pada tempat kerja setiap han pasti ada kotoran-kotoran benupa debu bila dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner. Baiklah di sini kita lepas berbagai alat-alat pendukung kebersihan di tempat kerja
     a. Sapu, kain lap -
§  a, b, c adalah alat untuk membersihkan lantai (mengepel) -
§  d adalah skrap untuk membersihkan tampungan air yang menggenang di lantai. Alat ini sangat efektif dan dijamin ekstra cepat.
§   Sapu berguna untuk menyingkirkan sobekan kertas, daun-daunan, dan lainnya. Sapu ada beberapa macam seperti sapu lidi, sapu ijuk.
b. Tempat Sampah Beroda dan Cikrak
     Biasa digunakandi tempat rumah sakit untuk menampung kotoran/sampah dari bangsal-bangsal
     c. Tempat Sampah Tak Beroda
Tempat sampah ini biasanya digunakan pada tempat / kamar mandi. Bisa juga digunakan di dalam ruang tamu ukuran 3 x 2.

     d. Pembèrsih alas sepatu / sandal
Dalam keseharian biasanya disebut keset. Bahan keset juga bermacammacam tergantung kondisi tempat. Tmpat kerja di ruang berlantai keramik terbuat dan kain-kairz perca/bekàs. Tempat membersihkan kotoran sandal kerja di bengkei dibuat dan anyaman kawat / serabut kelapa.
     Gambar 6. Pembersih alas kaki I sepatu / sandal

e.      Pembersih debu
            Pembersih debu yang paling efektif yaitu vacumm cleaner. Cara kerjanya yaitu menghisap segala debu dan debu tersebut dimasl4kkan ke dalarn kantong sampah yang ada di dalam mesin vacuum cleaner tersebut. Penerapan pada teruipat kerja berlantai karpet atau pcmadam.
           Gambar 7. Vacuum cleaner peighisap debu

f.        Cairan pembersih
Cairan pernbersih san.gat berguna untUk membunuh kuman-kuman yang ada di lantai. Lantai juga bisa bersih dan menyilaukan. Cairan pembersih berbagai aroma seperti jeruk, strOwbery, mawar, melati, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar