Kamis, 07 November 2013

GURU DAN FILSAFAT PENDIDIKAN


FALSAFAH’
  “Rangkaian pernyataan yang didasarkan pada keyakinan , konsepsi, dan sikap seseorang, yang menyejukkan arah atau tujuan yang diambilnya”
    (Ely, 1980.p.81)
žFilsafat Pendidikan merupakan aplikasi dalam Pendidikan (Kneller, 1971)
žFilsafat Pendidikan harus mampu memberikan pedoman kepada pendidik agar mewarnai sikap perilaku dalam mengolah proses belajar mengajar
žFilsafat Pendidikan akan menjauhkan dari perbuatan coba-coba tanpa rencana dalam menyelesaikan masalah pendidikan
PENGERTIAN
ž
žFilsafat Pendidikan adalah filsafat yang digunakan dalam study mengenai masalah-masalah pendidikan
TUJUAN
ž
žTujuan Filsafat Pendidikan adalah memberikan inspirasi bagaimana mengorganisasikan proses pembelajaran yang ideal
  PERANAN FISAFAT
@Metafisika : Mengetahui hakekat manusia, khususnya anak, sehingga tahu bagaimana cara memperlakukannya dan berguna untuk mengetahui tujuan pendidikan
@Epistemologi (bagaimana) merupakan azas mengenai cara bagaimana materi pengetahuan diperoleh dan disusun menjadi suatu tubuh pengetahuan
@Aksiologi (untuk apa) merupakan azas dalam menggunakan pengetahuan yang telah diperoleh dan disusun dalam tubuh pengetahuan tersebut

HAKEKAT MANUSIA
žManusia sebagai makhluk jasmani dan rohani
žManusia sebagai makhluk sosial
žManusia sebagai makhluk bebas
žManusia sebagai makhluk menyejarah
HUBUNGAN ANTARA PERILAKU GURU DENGAN KEYAKINAN
žKeyakinan mengenai pengajaran dan Pembelajaran
žKeyakinan mengenai siswa
žKeyakinan mengenai pengetahuan
žKeyakinan mengenai apa yang perlu diketahui
 
KEYAKINAN MENGENAI PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN
žMemandang pengajaran sebagai sains suatu aktifitas  kompleks
žMemandang pengajaran sebagai suatu seni, pertemuan spontan, tidak berulang dan kreatif antara guru dan siswa
žMemandang Pembelajaran yang menekankan pengalaman dan kognisi siswa
žMemandang pembelajaran yang menekankan perilaku siswa
 
KEYAKINAN MENGENAI SISWA
ž
žTidak perpandangan negatif terhadap siswa
žMeyakini bahwa setiap anak berbeda dalam kecenderungan untuk belajar dan tumbuh
 
KEYAKINAN MENGENAI PENGETAHUAN
ž
ž
žMemandang pengetahuan secara menyeluruh, tidak merupakan potongan kecil subjek atau fakta yang terpisah
 
KEYAKINAN MENGENAI APA YANG PERLU DIKETAHUI
ž
žžMenginginkan siswa belajar sebagai hasil dari usaha mereka, sekalipun berbeda dalam meyakini apa yang harus diajarkan
 
ž
ž
ž
ž
 
 
ž
 
 
ž

Tidak ada komentar:

Posting Komentar