FALSAFAH’
“Rangkaian
pernyataan yang didasarkan pada keyakinan , konsepsi, dan sikap seseorang, yang
menyejukkan arah atau tujuan yang diambilnya”
(Ely, 1980.p.81)
Filsafat Pendidikan merupakan aplikasi dalam Pendidikan
(Kneller, 1971)
Filsafat Pendidikan harus mampu memberikan pedoman kepada
pendidik agar mewarnai sikap perilaku dalam mengolah proses belajar mengajar
Filsafat Pendidikan akan menjauhkan dari perbuatan
coba-coba tanpa rencana dalam menyelesaikan masalah pendidikan
PENGERTIAN
Filsafat Pendidikan
adalah filsafat yang digunakan dalam study mengenai masalah-masalah pendidikan
TUJUAN
Tujuan Filsafat
Pendidikan adalah memberikan inspirasi bagaimana mengorganisasikan proses
pembelajaran yang ideal
PERANAN FISAFAT
@Metafisika : Mengetahui hakekat manusia, khususnya anak,
sehingga tahu bagaimana cara memperlakukannya dan berguna untuk mengetahui
tujuan pendidikan
@Epistemologi (bagaimana) merupakan azas mengenai cara
bagaimana materi pengetahuan diperoleh dan disusun menjadi suatu tubuh
pengetahuan
@Aksiologi (untuk apa) merupakan azas dalam menggunakan
pengetahuan yang telah diperoleh dan disusun dalam tubuh pengetahuan tersebut
HAKEKAT MANUSIA
Manusia sebagai makhluk jasmani dan rohani
Manusia sebagai makhluk sosial
Manusia sebagai makhluk bebas
Manusia sebagai makhluk menyejarah
HUBUNGAN ANTARA PERILAKU GURU DENGAN KEYAKINAN
Keyakinan mengenai pengajaran dan Pembelajaran
Keyakinan mengenai siswa
Keyakinan mengenai pengetahuan
Keyakinan mengenai apa yang perlu diketahui
KEYAKINAN MENGENAI PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN
Memandang pengajaran sebagai sains suatu aktifitas kompleks
Memandang pengajaran sebagai suatu seni, pertemuan spontan,
tidak berulang dan kreatif antara guru dan siswa
Memandang Pembelajaran yang menekankan pengalaman dan
kognisi siswa
Memandang pembelajaran yang menekankan perilaku siswa
KEYAKINAN MENGENAI SISWA
Tidak perpandangan negatif terhadap siswa
Meyakini bahwa setiap anak berbeda dalam kecenderungan
untuk belajar dan tumbuh
KEYAKINAN MENGENAI PENGETAHUAN
Memandang pengetahuan secara menyeluruh, tidak merupakan
potongan kecil subjek atau fakta yang terpisah
KEYAKINAN MENGENAI APA YANG PERLU DIKETAHUI
Menginginkan siswa belajar sebagai hasil dari usaha mereka,
sekalipun berbeda dalam meyakini apa yang harus diajarkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar