Selasa, 05 November 2013

DASAR PEMBENTUKAN LOGAM


Tujuan utama Proses Manufacturing adalah untuk membuat komponen dengan mempergunakan material tertentu yang memenuhi persyaratan bentuk dan ukuran, serta struktur yang mampu melayani kondisi lingkungan tertentu.
 
ENAM KELOMPOK DASAR PROSES PEMBUATAN
( MANUFACTURING PROCES)
proses pengecoran ( casting),
proses pemesinan (machining),
proses pembentukan logam (metal forming)
proses pengelasan (welding),
perlakuan panas (heat treatment),
proses perlakuan untuk mengubah sifat karakteristik logam pada bagian permukaan logam (surface treatment).

1. PROSES PENGECORAN (CASTING)
Suatu teknik pembuatan produk dimana logam dicairkan dalam tungku peleburan kemudian dituangkan kedalam rongga cetakan yang serupa dengan bentuk asli dari produk cor yang akan dibuat.

2. PROSES PEMESINAN (MACHINING)
Proses pemotongan logam disebut sebagai proses pemesinan adalah proses pembuatan dengan cara membuang material yang tidak diinginkan pada benda kerja sehingga diperoleh produk akhir dengan bentuk, ukuran, dan surface finish yang diinginkan.
 
3. PROSES PEMBENTUKAN LOGAM   (METAL FORMING)
Proses metal forming adalah melakukan perubahan bentuk pada benda kerja dengan cara memberikan gaya luar sehingga terjadi deformasi plastis.
4. PROSES PENGELASAN (WELDING)
Proses penyambungan dua bagian logam dengan jalan pencairan sebagian dari daerah yang akan disambung. Adanya pencairan dan pembekuan didaerah tersebut akan menyebabkan terjadinya ikatan sambungan.

5
. PROSES PERLAKUAN PANAS   
   
(HEAT TREATMENT)
Heat treatment adalah proses untuk meningkatkan kekuatan material dengan cara perlakuan panas.
 
6. SURFACE TREATMENT
Proses surface treatment adalah proses perlakuan yang diterapkan untuk mengubah sifat karakteristik logam pada bagian permukaan logam dengan cara proses thermokimia, metal spraying.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar