Jumat, 29 November 2013

ALAT PEMADAM KEBAKARAN DAN KELENGKAPANNYA




    1) Alat Pemadam Api Portable
        Pemadam kebakaran portable biasanya ditempatkan pada tempat yang aman. Ada 4 jenis alat pemadam kebakaran dengan beberapa perbedaan pada masing-masing jenisnya. Pada bagian sisi alat pemadam biasanya dilengkapi dengan table instruksi penggunaan.
a.      Pemadam kebakaran yang berisi air
Ketiga pemadam kebakaran jenis air hanya cocok untuk memadamkan api kelas A.
        Pemadam ini dicat merah, rentang semprotnya berkisar 10 m digunakansesuai petunjuknya.
 
                          
                        Gàmbar 11. Tabung pemadam kebakaran dan pompa diesel
Pemadam kebakaran yang bersisi gas bertekahan
Jenis pemadam bertekanan gas bekerja sampai kosong.
Jenis pemadam bertekanan udara diaktifkan dengan àlat picu dan dapat dihentikan setiap saat dengan caa melepas pemicu.
 
b. Pemadarnan kebakaran yang berisi Karbondioksida
Alat ini dIisi dengan karbondioksida, cairan mi mempunyai tekanan yang sangat baik tinggi. Jenis mi paling sesuai untuk memadamkan api kelas B dan kelas C. Jenis ini dicat warna dengan garis/pita hitam. Ukuran kecil mempunyai kemampuan semprot sampai 1,2 rn dan yang berukuran besar mempunyai kemampuan sarnpai 3 m.

Pemadam ini harus mempunyai nozel penyembur- agar dapat digunakan secara efektif dan aman. Yang dikosongkan adalah karbondioksida cair yang dengan cepat dapat bemubah menjadi gas. Semprotan utama sangat dingin. Mekanisme pengoperasianya harus terbuka penuh untuk mencegah agar nozel tidak membeku. alat mi bisá juga dilengkapi dengan plunyer, tuas, pemicu atau katup. Operasikan sesuai petunjuk.

Pemadam kebakaran CO2 sangat berguna dimana pencemaran oleh endapan tidaic diharapkan ditempat kerja dan penembusan area sangat penting. Contohnya adalah:
§     Berhubungan dengan kebakaran peralatan elektronik dan laboratorium -
§     Berhubungan dengan api kecil pada cairan yang dapat terbakar, lepas melalui kedua permukaan vertical dan horizontal.

     Prosedur penggunaan:
§     Gunakan dengan kebakaran peralatan elektronik dan laboratorium
§     Pertarna arabkan semprotan ke bagian belakang sumber api
§     Gerak-gerakkan nozel kin ke kanan.
§     Secara penlahan bergerak ke bagian depan sama api-api mati.

     Peringatan:
Berada dalam waktu tertentu dalam ruang tertutup yang berisi karbondioksida dapat menyebabkansesak bahkan mati lemas. Segera bersihkan tempat setelah digunakan. Buka semua jendela dan pintu untuk membersihkan ruangan dan gas karbondioksida.

                              Peringatan:
                    
                                       Gambar 10. Memadamkan api kelas C
                           
                                                 Gambar 12. Tabung bertekanan udara
 

                    
                                         Gambar 13. Pemadaman Api B, Cdengan CO2

c. Pemadaman lebakaran dengan busa
Variasi mekaxilsme dan bahan kimia yang digunakan pada pemadam V kebakaran busa cocok digunakan untuk memadamkan api kelas B dan terbatas path api kelas A.
Tabung alat ini dicat dengan warna BIRU. Jarak semprotnya berkisar 6 m. Operasikan sesuai petunjuk. Busa digunakañ untuk membentuk selimut untuk menutupi dan memadam api.  Pemadam kebakara jenis busa adalah yang paling efektif untuk memadamkan api dan bahan bakar cain yang berada dalam wadah, di mana bahan mi cukup panas untuk dapat terbakar sendiri bila bersinggungan dengan oksigen. Selimut busanya akan tetap berada path tempathya tidak cukup lama untuk mendinginkan bahan yang terbakar sehingga temperaturnya tidak cukup untuk dapat terbakar sendiri.
 
                                                     
                                                         Gambar 14.Pemadaman dengan busa

d) Pemadam kebakaran dengan tepung kering (bubuk kening)
Pemadam mi diisi dengan bahan kimia berbentuk tepung kening yang diinjeksikan dengan tekanan gas, atau dengan tekanan udara. Jenis mi sesuai untuk memadarnkan api kelas B dan C.
Tabung pemadam mi dicat wama MERAH dengan lingkaran V PUTIH. Alat mi. mempunyai nozel berbentuk kipas. Rentang semprotan yang berukuran kecil sampai 3 m, dan yang berukuran besar. sampai 6 meter. Operasikan beixiasarkan petunjuk pemakaian, dan pabrik pembuat.

Pemadam kebakaran jenis tepung kening mempunyai V reaksi pemadaman yang sangat cepat kabut bahan kimia kening ini cenderung melindungi orang yang memadainkan api dan panas.

Tepung kering adalaI pemadam api yang paling ëfektif unuk memadamkan cairan yang terbakar path area yang luas, khususnya pada tumpahan yang mengalir deras. Semprotkan tepung ke bagian dasar api dan tutupi apinya dengan menggerakkan nozel ke kanan dan ke kiri
.

                                                           Gambar 15. Pemadarnan bubuk kering

 Pemadam jenis ini berukuran kecil dengan gagang berbentuk pistol .dapat dibawa masuk dan dapat digunakan dengan cepat hal mi membuat alat mi V efektif memadamkan semua jenis api yang muncul tiba-tiba dapat untuk api kecil yang sulit dijangkau. Pemadam kebakaran berbeda kecil sebaiknya tidak digunakan untuk Memadamkan api akibat oil memadamkan api yang besar dan (minyak) dalam.
 

                                                      Gambar 16.Memadamkan api akibat oli (minyak)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar