Jumat, 29 November 2013

ALAT TANDA BAHAYA



Pengertian

a. Fire Alarm

Yaitu alat yang berbentuk bundar atau ‘persegi empat berwarna merah dan memakai kaca disertai alat pemukul. Pada alat mi bertuliskan IN CASE OF FIRE B1EAK GLASS dan pada umumnya dipasang disetiap bangunan bengkel. V Bila kaca penutup bel dipecahkan, maka berderinglah dengan terus menerus Loncerg bahaya itu sebagai tanda adanya kebakaran. 
                         

b) Fire Lock (Safety Sequrity)
Alat mi berupa papan dan baja pelat. Path alat mi dapat terlihat dengan jelas tanda-tanda warna yang disesuaikan dengan bangunanbangunan bengkel. Bila terjadi kebakaran cli salah satu bengkel,maka menyalalah warna sebagai tanda di bengkel itu. Pemasangan papan tanda warna atau fire lock mi berdekatan dengan fire alarm.

   c) Lonceng besi
Lonceng mi dapat dibuat dan potóngan besi yang digantungkan. Bila terjadi kebakàran hendaknya dipukul 2 kali berulang-ulang sebagai tanda pemberitahuan.
d) Dengan lisan atau suara, yaitu dari petugas keamanan, berteriak memberitahukan adanya kebakaran.

2. Prosedur Mengatasi Api Kebakaran
Sebelum api menjalar besar, gejala-gejala kebakaran dapat segera tercium karena bau asap yang terjadi, misalnya bau karet terbakar, bau kain terbakar dan lain-lain. Juga warna asap tanda bahan yang terbakar, misalnya asap berwama hitam tandanya mmyak terbakar, warna asap putth menandakan bahan paspor yang terbakar. Sumber api kebakaran di antaranya dan dapur (dapur tempa), komporkompor gas LPG, kompor minyak tanah, iotor bensin atau motor diesel,las karbit dan listhk, dapur listrik, dynamo atau generator, lampun minyak dan lampu him, pembakaran sampah, api puntung rokok, api obat nyamuk dan sebagainya. Adapun cara proses mengatasi api kebakaran sebagai benikut:
§  Proses isolasi yaitu memutuskan udara luar dengan barang yang sedañg terbakar.
§  Proses pendinginan yaitu penyerapan panas oleh bahan lain seperti karung goni berair, air dan bahan-bahan yang mengandurtg air.
§  Proses urai yaitu dengan memisahkan atau menjauhkan benda-benda lain yang belum terbakar,sehingga api tidak dapat menjalar ke benda Iainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar